Jumat, 30 Maret 2012

MEGAWATI PUTRI SOEKARNO USULKAN KENAIKAN BBM

CEC DEPOK : TEMPO.CO, Jakarta -Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengusulkan agar pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak. Usul ini berkaitan dengan ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat di Selat Hormuz.
"Menaikkan harga BBM paling realistis," kata Presiden RI ke-5 ini seusai acara peringatan ulang tahun PDI Perjuangan di kantor pusatnya di Jalan Lenteng Agung, Jakarta, Selasa 10 Januari 2012.
Ketua Umum PDI Perjuangan ini menilai, ketegangan di antara kedua negara itu bisa berdampak pada harga bahan bakar minyak di Indonesia. "Harus dilihat dari realitas internasional tersebut, karena masalah energi benar-benar menyentuh rakyat," ucapnya.
Dalam acara peringatan ulang tahun ke-39 itu, Megawati didampingi para petinggi partainya, seperti Sekretaris Jenderal Tjahjo Kumolo dan Ketua Bidang Politik Puan Maharani. Puan juga menjadi inspektur upacara peringatan. Megawati rencananya menyampaikan pidato politik dalam acara puncak peringatan pada 29 Januari nanti di Provinsi Bangka-Belitung.
Megawati pun mengomentari rencana pemerintah mengkonversi bahan bakar minyak ke gas. Ia berpendapat rencana itu masih setengah-setengah. Jika pemerintah memang serius, proyek konversi harus disosialisasi dengan baik. "Jangan masyarakat dijadikan percobaan," katanya. Ia juga menyebut pemerintah tebang pilih dalam penegakan hukum. "Jangan cuma kasus pencurian sandal AAL yang diproses dengan baik," ujar Megawati.
Mengenai calon presiden, ia mengatakan partainya masih menyeleksi sejumlah calon. "Terbuka untuk umum." Ia berharap pemilihan kepala daerah dan Pemilihan Umum 2014 akan berjalan dengan jujur dan adil. Media massa diminta mengawal proses pemilihan dengan mensosialisasi calon-calon yang dinilai mampu memimpin.
Menurut Puan Maharani, ketua umum memiliki pemikiran yang bijak untuk menetapkan calon presiden. "Harus visi-misi dan ideologi yang sesuai dengan partai," kata putri Megawati ini. (cy)

Tidak ada komentar: