Senin, 09 April 2012

KEPALA KANTOR IMIGRASI DEPOK, JAMARULI MANIHURUK, MEMBANTAH "mengurus cepat pembuatan pasport melalui calo atau 'biro jasa', Rp. 700 ribu"

CEC DEPOK : Kepala Kantor Imigrasi Kota Depok, Jamaruli Manihuruk, baru-baru ini mengundang kalangan wartawan di salah satu saung sambil makan siang untuk mengklarifikasi masalah yang dikeluhkan oleh warga dan Habib Idrus Algadri tentang maraknya percaloan, serta adanya masalah pemotongan uang gaji pegawai honorer di kantor Imigrasi Kota Depok. Intinya semua yang dikeluhkan oleh warga dan Habib serta pegawai honorer tersebut dibantah oleh Kepala Kantor Imigrasi Kota Depok, Jamaruli Manihuruk. "Berita mengenai percaloan di Kantor Imigrasi Depok tersebut tidak benar. Di Kantor Imigrasi Depok tidak ada percaloan. Yang ada adalah Biro Jasa yang mengurus pembuatan paspor sebagai penghubung antara warga masyarakat dengan pihak Kantor Imigrasi. Kemudian, pemotongan upah tenaga honorer di Kantor Imigrasi ini juga tidak pernah dilakukan. Yang terjadi hanya pengurangan upah, karena sumber pengupahan bukan dari Anggaran Pemerintah, tetapi bersumber dari koperasi karyawan", ujar Jamaruli Manihuruk membantah.

Menurut Tardip Panggabean, dikatakannya; "Habib Idrus Algadri, salah seorang ulama di Kota Depok, yang juga merupakan Ketua FPI Kota Depok, sangat kesal melihat kinerja daripada Kepala kantor Imigrasi Kota Depok Jamaruli Manihuruk. Masalahnya ketika Isteri daripada Ketua FPI Kota Depok tersebut mengurus Pasport di Kantor Imigrasi Kota Depok beberapa waktu lalu, terkesan dirasakannya sangat berbelit-belit, selanjutnya ada oknum calo yang menawarkan jasa untuk mengurus paspornya dengan jalur cepat. Calo tersebut meminta dana untuk mengurusnya kurang lebih Rp.700 ribu, dengan waktu yang sikgkat paspornya sudah jadi, kata calo tersebut. Karena merasa dipermainkan, akhirnya Isteri Habib Idrus tersebut melaporkannya kepada Suaminya yang merupakan Ketua FPI Kota Depok tersebut. Akhhirnya Habib Idrus datang ke Kantor Imigrasi Kota depok untuk melakukan protes, kenapa isterinya itu dipermainkan dalam hal pengurusan paspor. Kemudian dengan kesal Habib Idrus bercerita kepada Wartawan, tentang kinerja daripada Kepala Kantor Imigrasi Kota Depok, Jamaruli Manihuruk tersebut. Bahkan Habib Idrus mengatakan kepada wartawan, karena kinerja daripada Kepala Kantor Imigrasi Kota Depok, Jamaruli Manihuruk tersebut tidak becus, maka sebaiknya Dirjen Imigrasi Kemenhukham diharapkan segera menggantikan Kepala Kantor Imigrasi Kota Depok tersebut. Warga Depok butuh pejabat yang benar-benar melayani masyarakat, tanpa ada embel- embel lainnya, seperti percaloan yang marak di Kantor Imigrasi Kota Depok", ujarnya.
Sementara itu, sebelumnya beberapa waktu lalu, hal yang sama pernah terjadi salah seorang warga Beji yang bernama Wan Abud, salah seorang artis sinetron, mencak-mencak di kantor Imigrasi Kota Depok saat itu Kantor Imigrasi masih di Margonda Raya. Penyebabnya sama yaitu adanya percaloan yang merugikan warga masyarakat. Dimana ketika itu Wan Abud ditawari oleh oknum calo dalam hal proses pembuatan Paspor, dengan jalur cepat sebesar Rp.800 ribu, saat itu Kepala Kantor Imigrasinya adalah Harmanto yang sudah pindah ke wilayah Bali. Sekarang ini timbul lagi masalah dengan hal yang sama yaitu adanya calo yang mengaku dari BIRO JASA yang sengaja dipelihara oleh Kantor Imigrasi Kota Depok. (cy)

Tidak ada komentar: