Rabu, 28 Agustus 2013

AHMAD DHANI JADI "JURI X FACTOR AROUND THE WORLD" ?


CEC : Stasiun televisi RCTI ikut disalahkan karena menunjuk Ahmad Dhani sebagai salah satu juri 'X Factor Around The World' yang dihelat Sabtu malam (24/8/2013) lalu. RCTI ikut disalahkan karena faktor kemampuan berbahasa Inggris mantan suami Maia Estianty itu yang dianggap memalukan di depan jutaan penonton acara tersebut. Apalagi Ahmad Dhani bersebelahan dengan sederet juri-juri bule X Factor dari berbagai negara, antara lain Paula Abdul (juri X Factor dari Amerika), Louis Walsh (Juri X Factor Inggris Raya), dan Daniel Bedingfield (Juri X Factor Selandia Baru). Pantauan Tribunnews.com, ungkapan menyalahkan RCTI itu ada dalam komentar-komentar rekaman bahasa Inggris Ahmad Dhani di acara tersebut yang diposting ke Youtube. "Masa iya dimajuin jadi judge tapi gak bisa bahasa inggris? malu-maluin lah, ada nama Indonesia? tuh dipunggungnya and of course lah bule-bule itu gak bisa bahasa indonesia, for what? ada untungnya buat mereka? tapi coba kita, interview kerjaan aja kadang pake bahasa inggris yang pastinya membutuhkan kemampuan bahasa inggris. well, blak-blakan aja sih saya mah yaa..." komentar pengunjung Youtube bernama Aulia Prasetioadi. "Memalukan? Bercontohlah sama Anggun, Inggris lancar, Perancis fasih, tapi tetap fasih Jawa dan Indonesia-nya tidak luntur," tulis pemilik akun youtube v1nc3guan.
Meski demikian, tak semua mengkritik dan menyesalkan performa bos Republik Cinta Management itu. Tak sedikit pula yang bangga padanya. Bagi sebagian orang, kemampuan bahasa Inggris bukanlah keharusan, sebagaimana orang Jepang amat bangga dengan bahasa nasional mereka. "Pertama, salut buat Ahmad Dani memakai kostum Indonesia. Indonesia bangga menjadi tuan rumah. kedua Ahmad Dhani sudah berusaha barangkali karena grogi. Dan memang kemampuan bahasa Inggris yang kurang padahal ini adalah spektakulernya," tulis pemilik akun Dhie Land.
"Kenapa sih ada yg menghina orang hanya karena? orang itu nggak lancar berbahasa inggris...apakah bahasa inggris itu sudah menjadi syarat mutlak bagi kehidupan ya?" tulis Beno Setiawan.
"Ahmad Dhani telah mengajarkan kita semua yang penting mencoba. Orang Inggris juga nggak bisa berbahasa indonesia kan?" tulis Boly Junior.
"Kenapa mesti malu? Orang Inggris itu saja terbata-bata berbahasa Indonesia maka tidak salahnya kalo kita juga terbata-bata berbahasa Inggris," ' sambung Boly.
SEPOTONG-SEPOTONG:
Seperti diketahui, banyak orang menertawakan Ahmad Dhani karena komentarnya yang sepotong-sepotong saat jadi juri X Factor Around The World akhir pekan lalu, dan disiarkan langsung RCTI. "I don't know what I say.karena Inggris saya tidak lancar," kata Dhani ketika diminta komentarnya soal penampilan kontestan X Factor dari Inggris, Jahmene. Dari awal berbicara, Ahmad Dhani memang terbata-bata bahasa Inggrisnya. "I think.... i think......" kata Dhani, saat memulai mengomentari Samantha Jade dari Australia. Karena kalimat 'I think (saya pikir)' tidak segera disambung dengan kalimat berikut, kontan sorakan ledekan penonton membahana. Menyerah dengan bahasa Inggrisnya, saat memberikan komentar untuk Melanie Amaro, dari X Factor Amerika Serikat, Ahmad Dhani akhirnya berbahasa Indonesia. Tentu saja Amaro tidak paham. "Suaramu powerful sekali. Penonton jadi terbengong-bengong. Semua suka suara kamu," kata Ahmad Dhani yang tampil dengan menggunakan blankon. Tentu Samantha hanya tolah-toleh bingung dengan maksud Dhani. Anggun C Sasmi pun menerjemahkan perkataan Dhani untuk Amaro. "He said good things about you," kata Anggun. (*)

Sumber : TRIBUNNEWS.COM

Tidak ada komentar: