Selasa, 22 Mei 2012

DOKUMEN PENGADAAN DAN PEMASANGAN SERTA SPESIFIKASI RUNNING TEXT MARGONDA I KOTA DEPOK

CEC DEPOK : Akibat daripada pemberitaan di Media Massa Online yang sangat gencar terhadap Diskominfo Kota Depok yang diduga telah melakukan tindak pidana korupsi karena dengan sengaja melakukan mark-up biaya pada proyek pengadaan dan pemasangan running text atau tulisan berjalan yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Depok maka, pihak Kejaksaan Agung menyikapinya dengan memanggil Kepala Dinas Komunika si dan Informasi, Ir. Herry Pansila Prabowo (11/5).
Menurut Dokumen Pengadaan, Nomor : 01/PAN-RT/DIS KOMINFO/X/2011 tertanggal 14 Oktober 2011 untuk peker jaan pengadaan dan pemasangan running text oleh dinas komunikasi dan informasi tahun anggaran 2011 di Margon da I, berukuran 25 m x 1,5 m, 1 colour + frame.
Spesifikasi running text tersebut harus Type, out door de ngan resolution, 832 pixel x 48 pixel. Pitch 30 mm. LED Colour, Red. LED Type, Super Brigtnees. LED Life time, 100.000 hours. Visibility Range, -40 m. Comunication, GSM, LAN. Display System, Text font adjustable, picture (jpg file), animation (gif file), clock and date. Safety, using DC 5V power and waterproof. Work Temperature, -20 dera jat C to +70 derajat C. Work Humidity, 0%-95% RH. Power input, 100-240VAC, 60 Hz/50 Hz. Power Consumption, < 300 W/meter persegi. Housing Material, Powder Coated Aluminium. Garansi, minimal 1 tahun dari principal/distributor resmi dibuat dalam bentuk surat dukungan dari principal/distributor resmi (bertanggal, bermaterai Rp.6.000, Cap dan bertanda tangan) dan dilengkapi dengan Gambar Barang/Brosur/ Katalog Teknis Asli, (Copy/Print harus bercap principal.distributor resmi).

Namun, berdasarkan investigasi pers dilapangan, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Depok nampaknya ‘main mata’ dengan CV Pintu Rejeki selaku pemenang lelang proyek pengadaan dan pemasangan running text sebesar Rp 3,2 Miliar. Pasalnya, dari dokumen pengadaan dan pemasangan running text nomor: 01/PAN-RT/DISKOMINFO/X/2011 tertanggal 14 November 2011, Dinas yang dipimpin oleh Ir. Herry Pansila Prabowo itu terkesan tutup mata dan melakukan pembiaran terkait kejanggalan-kejanggalan yang terjadi dalam pelaksanaan pekerjaan proyek tersebut. Dalam dokumen pengadaan itu, diketahui bahwa spesifikasi running text Margonda I, terdapat beberapa item yang tidak sesuai, diantaranya adalah display system yang mana dalam spesifikasi tertulis bahwa text font adjustable, picture (jpg.file), animation (gif.file), clock and date. Kemudian, dalam pelaksanaan (sejak mulai dipasang hingga sekarang, gambar (picture), animasi, jam dan tanggal sebagaimana dimaksud tidak terlihat dalam tampilan running text yang telah terpasang. Yang terlihat hanyalah tulisan (himbauan dan sosialisasi) berwarna merah (satu warna) saja. Tak hanya itu, LED Life time papan running text yang seharusnya menyala selama 100.000 jam, ternyata sudah terlihat padam (mati).

HPS RUNNING TEXT TIGA TITIK DI KOTA DEPOK, RP. 3.160.000.000.- :

Sementara, pagu anggaran dalam lelang proyek pengadaan dan pemasangan running text tahun 2011 itu adalah Rp 3,2 miliar, sedangkan HPS nya adalah Rp 3.169.111.526,00. Lelang tersebut dimenangkan oleh CV. Pintu Rejeki dengan penawaran sebesar Rp 3.160.000.000,-. Pengadaan papan running text tersebut terpasang di tiga titik lokasi, yakni di jalan Margonda Raya, tepatnya di atas jembatan penyeberangan orang (JPO) depan Depok Town Square (Detos) – Margo City; di jalan raya Bogor dan di alternatif Cibubur. Dari 25 peserta yang mengikuti lelang pengadaan proyek itu, diketahui hanya 4 perusahaan yang memasukkan penawaran ke panitia. Sementara sisanya di duga hanya menerima ‘uang mundur’ dari perusahaan pemenang. Kabar yang berkembang dilingkungan Balaikota Depok mengatakan bahwa tiga dari empat perusahaan yang memasukkan penawaran lelang itu diketahui merupakan satu group, yakni PT. Hutama Manggala, PT. Satria Surya Pratama dan CV Pintu Rejeki.

BERIKUT NAMA PERUSAHAAN DAN HARGA PENAWARAN DARI PESERTA LELANG PROYEK RUNNING TEXT DI DISKOMINFO KOTA DEPOK:

1. PT. HUTAMA MANGGALA PERSADA Rp 900.000.000,-

2. PT. SATRIA SURYA PRATAMA Rp 1.000.000.000,-

3. CV. ANDINI Rp 1.100.000.000,-

4. CV. Pintu Rejeki Rp 3.160.000.000,- sebagai pemenang. (fn/cy)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

KENAPA TIGA PENAWAR LAIN SANGAT RENDAH DIBANDING SATU PENAWAR YG JADI pEMENANG TENDER TSB.Sangat perlu dilakukan pengusutan apakah telah terjadi mark up ....?